Rabu, 18 Januari 2012

ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN JAVA

Apakah anda tau Apakah Algoritma itu?


Algoritma adalah urutan logis pengambilan keputusan untuk pemecahan masalah. jadi dapat disimpulkan algoritma yaitu Langkah-langkah penyelesaian masalah secara Logis dan Sistematis.


Lalu Apakah Beda Algoritma dengan Pemrograman?
Tentu saja Beda, Karena Algoritma adalah urutan/lankah-langkah dalam menyelesaikan suatu masalah.
Sedangkan Pemrograman adalah realisasi dari Algoritma dalam bentuk bahasa pemograman.



Ada beberapa karekteristik dalam pemrograman Java:


  1. Sederhana(Simple) yaitu bahasa pemograman java menggunakan sintaks sama seperti C++ namun sintaks pada java banyak yang diperbaiki terutama menghilangkan penggunaan pointer yang rumit dan multiple inheritance.
  2. Berorientasi Objek(Objek Oriented) yaitu Java menggunakan pemrograman berorientasi objek yang membuat pemrograman berorientasi objek memodelkan dunia nyata ke dalam Objek dan melakukan interaksi antar Objek-Objek tersebut. 
  3. Terdistribusi(Distributed) yaitu Java dibuat untuk aplikasi terdistribusi secarah mudah dengan adanya Networking libraries yang terintegrasi pada java.
  4. Interpreted yaitu program java dijalankan menggunakan Interpreter yaitu Java Virtual Machine(JVM). Hal ini menyebabkan Source Code java yang telah di kompilasi dapat dijalankan pada Platfrom yang berbeda beda.
  5. Robust yaitu Jaba mempunyai reliabilitas yang tinggi. Compiler pada java mempunyai kemampuan mendeteksi error  secara lebih teliti dibandingkan bahasa pemrograman lain. Java memiliki runtime-exception handling untuk membantu mengatasi error pada program.
  6. Secure yaitu Sebagai bahasa pemrogram untuk aplikasi internet dan terdistribusi. Java memiliki beberapa mekanisme keamanan untuk menjaga aplikasi yang tidak digunakan untuk merusak sistem komputer yang menjalankan aplikasi tersebut.
  7. Arcitecture Neutral yaitu Programan java bersifat independent platfrom. program cukup mempunyai satu buah versi yang dapat jalankan platfrom berbeda dengan menggunakn JAva Virtual Machine.
  8. Portable yaitu Source Code maupun program java dapatdengan mudah dibawa ke Platfrom yang berbeda beda tanpa harus dikompilasi ulang.
  9. Multithreaded yaitu Java Mempunyai kemampuan untuk membuat suatu program yang dapat melakukan beberapa pekerjaan secara sekaligus. 
  10. Dynamic yaitu java didisain untuk dapat dijalankan pada lingkiungan yang dinamis. perubahan pada suatu Class dengan menambahkan properties  ataupun  method  dapat dilakukan tanpa mengganggu program yang menggunakan class  tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...